E-MODUL IPA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Nelly Rima Santeri Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Arif Sholahuddin Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Andi Ichsan Mahardika Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.20527/jbse.v4i1.256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meghasilkan e-modul IPA berbasis computational thinking yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, meliputi Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi e-modul, angket respon guru dan peserta didik, dan tes kemampuan berpikir logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas e-modul IPA berbasis computational thinking adalah 0,78 termasuk kategori validitas tinggi. Hasil kepraktisan dari angket respon guru 90,93% dan respon peserta didik 85,68% dengan ketegori sangat praktis, hasil keefektifan kemampuan berpikir logis peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan meningkat, nilai N-gain pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan masing-masing 0,73 dan 0,77 dengan kategori tinggi. Dengan demikian e-modul IPA berbasis computational thinking yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dalam pembelajaran IPA.Kata kunci: Berpikir Komputasi, E-modul, Berpikir Logis.This study aims to produce thinking computation-based science e-modules that are feasible to use to improve students' thinking skills. This development research uses the ADDIE model, including Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection uses e-module validation instruments, teacher and student response questionnaires, and logical thinking ability tests. The results showed that the validity value of the thinking computation-based science e-module was 0.78 which was included in the high validity category. The results of the practicality of the teacher's response questionnaire were 90.93% and the responses of students were 85.68% with the very practical category, the results of the effectiveness of students' logical thinking skills in limited trials and field trials increased, the N-gain value in limited trials and field tests try field respectively 0.73 and 0.77 with high category. Thus the thinking computation-based science e-module that has been developed is feasible to use to improve logical thinking skills in science learning.Keywords: Computational Thinking, E-Module, Logical Thinking.

References

Buitrago-Flórez, F., Danies, G., Restrepo, S., & Hernández, C. (2021). Fostering 21st century competences through computational thinking and active learning: a mixed method study. International Journal of Instruction, 14(3), 737-754.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50-56. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational thinking-A guide for teachers.

Dasar, D. P. Menengah, Direktorat Pembinaan SMA.(2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Diambil dari: https://awan965. files. wordpress. com/2017/09/panduan_penyusunan-e-modul-2017_final_edit. pdf.

Dwikristanto, Y. P., & Muslim, S. (2022). Strategi penerapan berpikir kritis, logis dan reflektif dalam pembelajaran pengantar akuntansi di era daring: suatu tinjauan epistemologis. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 18(1), 65-79.

Ekayana, A. A. G. (2019). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah internet of things. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2), 159-169.

Faradina, A., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Berpikir Logis Siswa dalam Menyelesaikan Matematika Realistik Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 129-151. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020. v2i2.129-151

Fatin, A., Harahap, M. S., & Lubis, R. (2023). Pengembangan E-Modul Trigonometri Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 6-14.

Fauzi, A. (2019). Teknik analisis keberlanjutan. Gramedia Pustaka Utama.

Firdaus, S. N., Suhendar, S., & Ramdhan, B. (2021). Profil Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar:(Profile of Scientific Reasoning Ability of Junior High School Students Based on Learning Style). BIODIK, 7(3), 156-163

Fitri, M. A., Hadi, S., Sholahuddin, A., Rusmansyah, R., Aufa, M. N., Hasbie, M., & Saputra, M. A. (2023). The Module Development with Creative Problem Solving Model to Improve Creative Thinking Skills and Self-Efficacy of Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 422-426.

Feronika, T. Hubungan Efikasi Diri dengan Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Materi Asam Basa (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’Nur, S., & Mahtari, S. (2018, September). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1088, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Hartoto, M., Mulyono, D., & Syafutra, W. (2021). Pengembangan modul pembelajaran atletik berbantuan QR code. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 51-60. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(1).6567

Indonesia, R. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kemendikbud: Jakarta

Kartarina, K., Madani, M., Supatmiwati, D., Riberu, R. A., & Lestari, I. P. (2021). Sosialisasi dan Pengenalan Computational Thinking kepada Guru pada Program Gerakan Pandai oleh Bebras Biro Universitas Bumigora. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27-34.

Kamil, M. R. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259-270.

Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontribusi Model Simulasi TIK untuk Menumbuhkan Berpikir Logis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2).

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338-345.

Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan e-modul IPA bermuatan tes online untuk meningkatkan hasil belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73-79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Linda, R., Zulfarina, Z., & Putra, T. P. (2021). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar peserta didik melalui implementasi e-modul interaktif IPA terpadu tipe connected pada materi energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191-200. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012

Mahardika, A. I., Wiranda, N., Arifuddin, M., Kamal, M., Erlina, M., & Hayati, M. (2021). The student response to interactive e-modules to support science literacy in distance learning physics. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(11), 258-261.Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad ke-21.

Martanti, P. C. (2020). Penilaian kemampuan berpikir logis peserta didik Jalur PPDB Zonasi dan Non-Zonasi dengan menggunakan Test Of Logical Thinking (TOLT) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133-139.

Meliana, F., Herlina, S., Suripah, S., & Dahlia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar EModul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME: Suprimum Journal Mathematics Education, 6(1), 43-60.

Mensan, T., Osman, K., & Majid, N. A. A. (2020). Development and validation of unplugged activity of computational thinking in science module to integrate computational thinking in primary science education. Science Education International, 31(2), 142-149.

Monita, M., & Fitria, Y. (2021). Perbedaan Keterampilan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Bahan Ajar Sains Terintegrasi Matematika Berbasis Masalah Dengan Model CTL Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(3), 1286-1393. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v5i3.906

Mukhayat, T. (2004). Mengembangkan metode belajar yang baik pada anak. Yogyakarta: FMIPA UGM.

Munirah, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Siswa Sma Berorientasi Computational Thinking Skills (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nabil, N. R. A., Wulandari, I., Yamtinah, S., Ariani, S. R. D., & Ulfa, M. Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. PAEDAGOGIA, 25(2), 184-191.

Novaliyosi, N., Tola, B., & Rahayu, W. (2019). Trends of Mathematical Logical Thinking Abilitythrough the Cra (Concrete-Representational-Abstract) Approachwith Portfolio Assessment. Ijer-Indonesian Journal Of Educational Review, 6(2).

Octalia, R. P., Rizal, N., & Siswandari, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges Untuk Meningkatkan Computational Thinking Dalam Pembelajaran Mandiri Sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 149-166.

Octaria, D. (2017). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 181-194. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1740

Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. (2017). Peranan pengetahuan awal dan self esteem matematis terhadap kemampuan berpikir logis mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61-68.

Purwanto, A. (2012). Kemampuan berpikir logis siswa SMA Negeri 8 kota Bengkulu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. Exacta, 10(2), 133-135.

Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 5(2), 151-161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2. 20334

Puspitasari, N. (2018). Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 121-132.

Putri, M., Rahmiati, R., Dewi, M., & Irfan, D. (2022). Praktikalitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran nail art. JRTI Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 60-62.

Rakhmawan, A., & Vitasari, M. (2016). Kemampuan berpikir logis sebagai prediktor keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan kimia dasar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 99-109.

Rahmawati, A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Web dengan Pendekatan Computational Thinking pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X SMA.

Revita, R. (2019). Uji kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148-154.

Rimadani, E., Parno, P., & Diantoro, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 833-839

Rosikhoh, D. (2021). Pengembangan modul pembelajaran segitiga berbasis metakognisi dan integrasi keislaman (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. Bandung: Tarsito.

Sari, D. M. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir logis dan self-esteem mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran accelerated learning (al) dan kooperatif tipe team-accelerated instruction (TAI) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sari, D. M., & Hoiriyah, D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Logis dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Accelerated Learning (AL). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 8(02), 157-168. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2892

Sari, F. K., Roshayanti, F., Rakhmawati, R., & Hayat, M. S. (2022). Persepsi Guru Biologi Terhadap Computational Thinking pada Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Kayen. Jurnal Biogenesis Vol, 18(1), 68-84.

Sa’diyyah, F. N., Mania, S., & Suharti, S. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 17-26. http://dx.doi.org/ 10.22460/jpmi.v1i1.p%25p

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2).

Swestyani, S., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2015). Improve The Students’logical Thinking Through Discovery Learning Aplication About Reproduction System Material In Xi Mia 1 Of Sma Batik 2 Surakarta Academic Year 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3)

Syaiful, S., Astuti, I., & Afandi, A. (2023). DESAIN PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 HULU GURUNG. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 676-683.

Threekunprapa, A., & Yasri, P. (2020). Unplugged Coding Using Flowblocks for Promoting Computational Thinking and Programming among Secondary School Students. International Journal of Instruction, 13(3), 207-222.

Van Dyne, M., & Braun, J. (2014, March). Effectiveness of a computational thinking (cs0) course on student analytical skills. In Proceedings of the 45th ACM technical symposium on Computer science education (pp. 133-138).

Wardani, S. S., Susanti, R. D., & Taufik, M. (2022). Implementasi Pendekatan Computational Thinking Melalui Game Jungle Adventure Terhadap Kemampuan Problem Solving. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 1-13

Wijayanto, H. (2019). Modul Transformasi Digital.

Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan berpikir logis matematis materi pecahan pada siswa berkemampuan awal tinggi. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43-57.

Wulandari, S. D. (2019). The analisis kemampuan berpikir logis matematis pada siswa sekolah menengah atas (sma) berdasarkan pola sidik jari arches. INSPIRAMATIKA, 5(1), 43-49.

Yenilmez, A., S. Sungur, and C. Tekkaya. 2005. Investigating students’ logical thinking abilities: The effects of gender and grade level. Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi. 28, 219-225.

Zuwariyah, S., & Irawan, E. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 68-72.

Downloads

Published

2024-03-02

How to Cite

Santeri, N. R., Sholahuddin, A., & Mahardika, A. I. (2024). E-MODUL IPA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK. Journal of Banua Science Education, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.20527/jbse.v4i1.256

Issue

Section

Articles