PENELITIAN DESAIN PENDIDIKAN: MENDEKATKAN TEORI DENGAN PRAKTIS
Abstract
Kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam pendidikan dapat diselesaikan dengan cara melakukan pengembangan pendekatan dalam belajar. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa desain penelitian pendidikan atau yang sering disebut penelitian pengembangan (development research) dilakukan, dengan tujuan sebagai jembatan penghubung untuk menjelaskan teori dan mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran.References
McKenney, S. (2001). Computer-based support for sciences education materials developers in Africa: Exploring potentials. Doctoral dissertation. Enschede, the Netherlands.
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Dalam T. Plomp, & N. Nieveen (Eds.), An introduction to educational design research (pp.11-50). Enschede, the Netherlands: SLO.
Van den Akker, J. (1999). Principles and methods of development research. Dalam J. van den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds), Design approaches and tools in education and training (pp. 1-14). Boston: Kluwer Academic.
Downloads
Published
2021-07-18
Issue
Section
Articles