MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD 21: KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL KURIKULUM SAINS SURYA

Nancy Susianna(1),

(1) STKIP Surya


Abstract


Indonesia saat ini memerlukan suatu kurikulum yang singkat, padat, dan mudah dimengerti, yang dapat mendorong kreativitas guru dalam merancang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Kurikulum Sains Surya yang singkat, padat, dan mudah dimengerti, yang dapat mendorong kreativitas guru dalam merancang pembelajaran. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah, guru, dan pemerhati pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan survei. Studi literatur yang dimaksud adalah penelaahan kurikulum dan iklan lowongan kerja. Kurikulum yang dianalisis sebanyak 15 buah kurikulum nasional yang digunakan dari berbagai negara yang tersebar di benua Asia, Australia, Amerika, Eropa dan Afrika. Iklan lowongan kerja yang dianalisis sebanyak 400 buah iklan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Survei dilakukan terhadap 580 guru yang tersebar di seluruh Indonesia, 174 dosen, 348 orang tua siswa, 82 pemilik perusahaan, dan 25 koordinator kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Model Kurikulum Sains Surya adalah model kurikulum yang menghubungkan tiga komponen penting dalam suatu pembelajaran yang dinyatakan dalam bentuk tiga lingkaran berlapis yang saling berhubungan. Lingkaran pertama tentang kompetensi, lingkaran kedua tentang proses belajar mengajar, dan lingkaran ketiga tentang penilaianm. Salah satu kompetensi dalam Kurikulum Sains Surya adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi.

 

Kata kunci: tantangan pendidikan, keterampilan berpikir tingkat tinggi, kurikulum sains surya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.