PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PROYEKTED SKILL IPA TERPADU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI DAERAH TERTINGGAL
Abstract
Penggunaan media pembelajaran proyekted still pada materi asam dan basa bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil studi pendahuluan diketahui bahwa peserta didik memerlukan pembelajaran yang bervariasi dan media pembelajaran proyekted still merupakan media pembelajaran yang tepat. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Media pembelajaran proyekted still yang digunakan memberikan pengaruh yang positif terhadap proses pembelajaran dalam rangkaian latihan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Keterbatasan sarana dan prasarana merupakan hambatan yang luas terhadap pengembangan media pembelajaran proyekted still, sehingga untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu kerja keras. Media pembelajaran proyekted still memberikan pesan yang teramat sangat baik dalam merangkai pola keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: media pembelajaran proyekted skill, IPA terpadu, kemampuan berpikir tingkat tinggiReferences
Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi, F. (2018). The effect of inquiry model on science process skills and learning outcomes. European Journal of Education Studies.
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan elektromagnetik. Jurnal edukasi@elektro. Vol. 5. No. 1, Maret 2009 hal. 11–18. Diakses 31 Maret 2015.
Dafik. (2014). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). (http://dafik-fkip-unej.org/berita-199-keterampilan-berpikir-tingkat-tinggi-hots.html). Di akses 07 Juni 2016.
Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 426-429. Doi: 10.2991/assehr.k.210222.072.
Fahmi & Irhasyuarna, Y. (2019). Pengantar pendidikan: Manusia, pendidikan, dan perkembangan zaman. Banjarmasin: Program Studi Magister Keguruan IPA PPs ULM.
Fahmi, F., Setiadi, I., Elmawati, D., & Sunardi, S. (2019). Discovery learning method for training critical thinking skills of students. European Journal of Education Studies.
Handhika. J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia / JPII. 1 (2) (2012) 109-144. Dipublikasikan: Oktober 2012. Diakses 31 Maret 2015.
Liyana, I & Putra AP. (2014). Penerapan Model PBM Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Daur Ulang Limbah. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol. 1 No 1 (2014): 1-6 ISSN:2443-3608.
Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi pokok listrik statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.
Rahayu, A. B., Hadi, S., Istyadji, M., Zaini, M., Sholahuddin, A., & Fahmi, F. (2018). Development of guided inquiry based learning devices to improve student learning outcomes in science materials in middle school. European Journal of Alternative Education Studies.
Taufiq. M., Dewin, N.R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi†Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 3 (2) (2014) 140-145.
Toni Kurniawan & Enok Maryani. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 24, No. 2, Edisi Desember 2015. (http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view /1457/1005.) Diakses 06 juni 2016
Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pemanasan global berdasarkan prestasi siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69-72.