BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Berpikir kritis adalah suatu proses mencari, menghasilkan, menganalisa, mengumpulkan, dan mengkonsep informasi sebagai sebuah acuan dengan kesadaran pribadi dan kemampuan untuk meningkatkan kreativitas dalam menghadapi suatu permasalahan. Berpikir kritis dalam pembelajaran IPA adalah perlunya mempersiapkan siswa agar menjadi pemecah masalah yang tangguh, pembuat keputusan yang matang, dan orang yang tak pernah berhenti belajar. Peningkatan literasi sains seseorang secara langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seseorang. Makalah ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hakikat berpikir kritis; (2) mengetahui berpikir kritis dalam pembelajaran IPA; dan (3) mengetahui tinjauan berpikir kritis terhadap literasi sains. Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran IPA, literasi sainsReferences
Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi, F. (2018). The effect of inquiry model on science process skills and learning outcomes. European Journal of Education Studies.
Amri, S. & Ahmadi, I.K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arends, R.I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Cahyo, A.N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar (Teraktual dan Terpopuler). Jogjakarta: Diva Press.
Costa A.L. (1985). Developing Minds, A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD
Depdiknas. (2006). BSNP Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Facione, P.A. (1998). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Academic Press.
Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 426-429. Doi: 10.2991/assehr.k.210222.072.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the prototype of teaching materials on the topic of classification of lifestyle based on the advantage of local wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2).
Fahmi & Irhasyuarna, Y. (2019). Pengantar pendidikan: Manusia, pendidikan, dan perkembangan zaman. Banjarmasin: Program Studi Magister Keguruan IPA PPs ULM.
Fahmi, F., Setiadi, I., Elmawati, D., & Sunardi, S. (2019). Discovery learning method for training critical thinking skills of students. European Journal of Education Studies.
Fahmi, F. (2020). Penggunaan zat pewarna pada kain sasirangan sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan alam.
King, F.J. (1997). High Order Thinking Skills, Definition, Teaching Strategies, Assessment. Educational Services Program.http://www.cala.fsu.edu diakses tanggal 10 Januari 2012.
Lawson, A.E. (1995). Science Teaching and The Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Co.
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur, M. (2013). Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS). Surabaya: UNESA.
OECD. (1999). Measuring Student Knowledge and Skills: A New Framework for Assessment. Paris: OECD.
Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi pokok listrik statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.
Rahayu, A. B., Hadi, S., Istyadji, M., Zaini, M., Sholahuddin, A., & Fahmi, F. (2018). Development of guided inquiry based learning devices to improve student learning outcomes in science materials in middle school. European Journal of Alternative Education Studies.
Reddington, D. (2012). Developing Critical Thinking Skills in the ABE Classroom. Bureau of Adult Education Mini-Grant.
Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pemanasan global berdasarkan prestasi siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69-72.
Yildirim, B & Ozkahraman, S. (2011). Critical Thinking in Nursing Process and Eduction. International Journal of Humanities and Social Science. Vol.1 No 13, pp. 257-262