PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA TOPIK BIOLOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi abad ke-21, namun keterampilan tersebut kurang dilatihkan dengan baik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD materi Biologi yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian menggunakan evaluasi formatif dengan model Tessmer meliputi self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group dan field test. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi handout, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD termasuk valid, karena rerata hasil validasi LKPD sebesar 4,03 dalam kriteria sangat valid; (2) LKPD termasuk praktis, karena keterbacaan isi dan keterlaksanaan LKPD dalam kriteria baik, serta 97% peserta didik memberikan respon positif; dan (3) LKPD termasuk efektif, karena nilai indikator berpikir kritis untuk interpretasi (92,0) analisis (98,5), inferensi (91,65), dan eksplanasi (90,5) dalam kriteria sangat baik, sementara evaluasi (98,21) dan pengaturan diri (61,67) dalam kriteria baik. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA.Kata kunci: biologi, LKPD, keterampilan berpikir kritis.References
Agustiana, I. G. A. T. (2019). Konsep dasar ipa aspek biologi. Ombak.
Aini, F. N. (2022). Impelentasi literasi digital dalam pembeljaran daring. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 242-262.
Akbar, S. (2019). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Aly, A., & Rahma, E. (2019). Ilmu alamiah dasar. Bumi Aksara.
Anik, G. (2020). Panduan penelitian dan pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran. Lembaga Penelitian UNY.
Aprila, A. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran cotextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SD Islam Al-Amanah Cinunuk Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPA). Tidak Dipublikasikan.
Arbainsyah. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Program Studi Magister Pendidikan Biologi ULM Banjarmasin. Tidak Dipublikasikan.
Ariana, R., Amintarti, S., & Hardiansyah, H. (2022). Validitas lembar kerja peserta didik biologi SMA berbasis keterampilan berpikir kritis pada konsep sistem regulasi. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 12(1), 1-11.
Arsyad, M., Zaini, M., & Aziati, K. (2019). Kualita lembar kerja peserta didik konsep protista berbasis keterampilan berpikir kritis (suatu penelitian berbasis desain). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 238–248.
Asmawati, E. Y. S. (2019). Lembar kerja siswa (LKS) menggunakan model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1–16.
Balela, G. S. A., Kaspul, & Arsyad, M. (2021). Kepraktisan lembar kerja peserta didik konsep sistem peredaran darah biologi SMA berbasis keterampilan berpikir kritis. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 180–188.
Boimau, S., Tukan, M. B., Lawung, Y. D., & Boelan, E. G. (2022). Pengembangan LKPD dengan memanfaatkan indikator alami berbasis inkuiri terbimbing pada materi titrasi asam basa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 374-380.
Buxton, C. A. (2019). Teaching science in elementery and middle school: A cognitive and cultural approach. Erlangga.
Cahyani, N., Fihrin, H., & Kade, A. (2020). Penerapan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT, 4(2), 31–35.
Carin (J Juhji · 2019 ). Peningkatan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan Lembaga Penelitian Universitas Terbuka, 2(1), 16-20.
Donna, R., Egok, A. S. & Febriandi, R. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis powtoon pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799-3813
Ennis, R. H. (1996). Critical thinking. Prentice-Hall Inc.
Fadliana, H., Redjeki, T., & Nurhayati, D. (2020). Studi komporasi penggunaan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dilengkapi dengan macromedia flash dan lks (lembar kerja siswa) terhadap prestasi belajar di tinjau dari motivasi belajar siswa materi asam basa dan garam kelas VII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 158–165.
Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi, F. (2018). The effect of inquiry model on science process skills and learning outcomes. European Journal of Education Studies.
Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 426-429. Doi: 10.2991/assehr.k.210222.072.
Fahmi, F., Chalisah, N., Istyadji, M., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2022). Scientific literacy on the topic of light and optical instruments in the innovation of science teaching materials. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v8i2.41343
Fahmi, F., Fajeriadi, H., Irhasyuarna, Y., Suryajaya, S., & Abdullah, A. (2021). The practicality of natural science learning devices on the concept of environmental pollution with problem-solving learning models. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2104, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the prototype of teaching materials on the topic of classification of lifestyle based on the advantage of local wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2).
Fahmi, F., & Irhasyuarna, Y. (2017). Misconceptions of reaction rates on high school level in Banjarmasin. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(1), 54-61.
Fahmi, F., & Irhasyuarna, Y. (2017). The misconceptions of senior high school students in Banjarmasin on chemical bonding. Journal of Education and Practice, 8(17), 32-39.
Fahmi & Irhasyuarna, Y. (2019). Pengantar pendidikan: Manusia, pendidikan, dan perkembangan zaman. Banjarmasin: Program Studi Magister Keguruan IPA PPs ULM.
Fahmi, F., Setiadi, I., Elmawati, D., & Sunardi, S. (2019). Discovery learning method for training critical thinking skills of students. European Journal of Education Studies.
Fahmi, F. (2014). Pendidikan karakter berbasis akhlak mulia melalui pengamalan terhadap Al Qur'an. Building Nation Character Through Education. FKIP Unlam Press.
Fahmi, F. (2015). Analisis miskonsepsi siswa SMA negeri Banjarmasin pada materi ikatan kimia tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan Kimia Universitas Lambung Mangkurat.
Fahmi, F. (2015). Miskonsepsi siswa SMA negeri Banjarmasin pada materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan, 2(4), 534-545.
Fahmi, F. (2016). Inovasi pembelajaran sains berbasis etnopedagogi. Prosiding Seminar Nasional: Biologi dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Daya Saing Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Banjarmasin.
Fahmi, F. (2016). Penggunaan zat pewarna pada kain sasirangan sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan alam. Ethnopedagogy The Proceeding of International Seminar on Etnhopedagogy. FKIP Unlam Press.
Fahmi, F. (2016). Strategi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2016. S2 IPA Unlam Press.
Fahmi, F. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi klasifikasi benda. Tesis. S2 Keguruan IPA PPs ULM.
Irhasyuarna, Y., Fahmi, F., & Setiadi, I. (2021). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui pembelajaran IPA. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).
Istyadji, M., Sauqina., Hafizhah, N., & Fahmi. (2022). The validity and practicalily of prezi learning media on the role of soil and soil organisms for life sustainability for junior high school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 481-488.
Istyadji, M., Yulinda, R., Amalina, D., & Fahmi. (2022). Validity and practicality of articulate storyline learning media on environmental pollution materials for junior high school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2599–2604. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.1639
Kusasi, M., Fahmi, F., Sanjaya, R. E., Riduan, M., & Anjani, N. (2021). Feasibility of STEM-based basic chemistry teaching materials to improve students’ science literature in wetland context. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2104, No. 1, p. 012022). IOP Publishing.
Miranti, K., Rusyadi, A., & Fahmi, F. (2022). Melatih keterampilan psikomotorik siswa melalui penggunaan lembar kerja siswa (LKS). Journal of Banua Science Education, 2(2), 93-98.
Norhasanah, N., Ruswaty, R., Fahmi, F., & Putri, M. I. (2021). Critical thinking skills and students'learning outcomes in learning biology of mushroom concept at SMA Negeri 4 Barabai. Journal of Banua Science Education, 2(1), 25-34.
Putra, A. P., Suyidno, S., Utami, N. H., & Fahmi, F. (2021). Pembelajaran STEM berbasis kearifan lokal di bantaran sungai Barito. Banjarmasin: CV Batang.
Putra, A. P., Utami, N. H., Suyidno, S., & Fahmi, F. (2022). Pendampingan perencanaan pembelajaran IPA berpendekatan STEM di wilayah kota Banjarmasin. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 369–375. https://doi.org/10.36312/linov.v7i3.853
Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi pokok listrik statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.
Rahayu, A. B., Hadi, S., Istyadji, M., Zaini, M., Sholahuddin, A., & Fahmi, F. (2018). Development of guided inquiry based learning devices to improve student learning outcomes in science materials in middle school. European Journal of Alternative Education Studies.
Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pemanasan global berdasarkan prestasi siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69-72.
Suwandy, F. I., & Mangkurat, U. L. (2016). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA†Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS., Edisi: Oktober.
Putri, M. H. Fahmi, & Wahyuningsih, E.(2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.
Nadziroh, A., & Setiadi, I. Fahmi. 2018. The Effect of Inquiry Model On Science Process Skills and Learning Outcomes. European Journal of Education Studies. ISSN, 2501-1111.
Irhasyuarna, Y. (2019). PENGANTAR PENDIDIKAN: Manusia, Pendidikan dan Perkembangan Zaman.
Hafizhah, D., & Istyadji, M. (2022). The Validity and Practicalily of Prezi Learning Media on the Role of Soil and Soil Organisms for Life Sustainability for Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 481-488.
Fahmi, F. (2021). Seminar Internasional: Feasibility of STEM-based basic chemistry teaching materials to improve students' science literature in wetland context.
IRHASYUARNA, Y. (2021). The practicality of natural science learning devices on the concept of environmental pollution with problem-solving learning models.
Fahmi, F., & Irhasyuarna, Y. (2020). Pengantar Pendidikan: Manusia, Pendidikan, dan Perkembangan Zaman.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. Feasibility of the Prototype of Teaching Materials on the Topic of Classification of Living Things based on the Advantage of Local Wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 113-118.
Fahmi, F. (2021). Strategi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2016.
Suwandy, F. I., & Mangkurat, U. L. (2016). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA†Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS., Edisi: Oktober.
Putri, M. H. Fahmi, & Wahyuningsih, E.(2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.
Nadziroh, A., & Setiadi, I. Fahmi. 2018. The Effect of Inquiry Model On Science Process Skills and Learning Outcomes. European Journal of Education Studies. ISSN, 2501-1111.
Irhasyuarna, Y. (2019). PENGANTAR PENDIDIKAN: Manusia, Pendidikan dan Perkembangan Zaman.
Irhasyuarna, Y. (2019). PENGANTAR PENDIDIKAN: Manusia. Pendidikan dan Perkembangan Zaman.
Hafizhah, D., & Istyadji, M. (2022). The Validity and Practicalily of Prezi Learning Media on the Role of Soil and Soil Organisms for Life Sustainability for Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 481-488.
Fahmi, F. (2021). Seminar Internasional: Feasibility of STEM-based basic chemistry teaching materials to improve students' science literature in wetland context.
IRHASYUARNA, Y. (2021). The practicality of natural science learning devices on the concept of environmental pollution with problem-solving learning models.
Fahmi, F., & Irhasyuarna, Y. (2020). Pengantar Pendidikan: Manusia, Pendidikan, dan Perkembangan Zaman.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. Feasibility of the Prototype of Teaching Materials on the Topic of Classification of Living Things based on the Advantage of Local Wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 113-118.
Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021, November). The practicality of natural science learning devices on the concept of environmental pollution with problem-solving learning models. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 2104, No. 1, p. 012025).
Noor, A. F., Yunus, R., Suyidno, S., & Fahmi, F. (2023). Development of predict-observe-explain (POE) based authentic problems’instructional package to improve students’critical thinking skills. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 14(1), 69-81. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v14i1.53932
Putra, A. P., Utami, N. H., & Suyidno, S. (2022). Pendampingan Perencanaan Pembelajaran IPA Berpendekatan STEM di Wilayah Kota Banjarmasin. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3).
Irhasyuarna, Y., Kusasi, M., Fahmi, F., Fajeriadi, H., Aulia, W. R., Nikmah, S., & Rahili, Z. Integrated science teaching materials with local wisdom insights to improve students' critical thinking ability. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 328-334.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. Feasibility of the Prototype of Teaching Materials on the Topic of Classification of Living Things based on the Advantage of Local Wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 113-118.
Iriani, R. (2019). Modul Pembelajaran Problem-Based Lerning Berbasis Lahan Basah Untuk Mempersiapkan Calon Pendidik Berwawasan Lingkungan Lahan Basah.
Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas Xi Ipa Sma Negeri 4 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2).
Setiadi, I., & Irhasyuarna, Y. (2017). Improvement Of Model Student Learning Through The Content Of Solutions Guided Discovery Buffer. Iosr Journal Of Research & Method In Education (Iosr-Jrme), 7(1), 01-09.
Ningsih, N., Saadi, P., & Irhasyuarna, Y. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 5e Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Koloid Di Kelas Xi Mia-3 Man 1 Banjarmasin. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 1(3), 209-217.
Akbar, M., & Irhasyuarna, Y. Rusmansyah.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 65-77.
Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2015). Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas Xi Ipa Sma N 4 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2), 108-117.
Rusmansyah, I. (2003). Y., Implementasi Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (Stm) Dalam Pembelajaran Kimia Di Smu N Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(40), 95-109.
Rusmansyah & Irhasyuarna, Y. (2001). Penerapan Model Latihan Berstruktur Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Persamaan Reaksi.
Rumansyah & Irhasyuarna, Y. (2003). Proses Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Dalam Pembelajaran Kimia Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Edisi 43). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dan Kebudayaan.
Winarti, A., & Irhasyuarna, Y. (2001). Optimalisasi Peran Laboratorium Sebagai Upaya Menyiapkan Pembelajaran Kimia Di Smu Dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(30), 352-365.
Setiadi, I., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri Berbantuan Media Video Pada Hasil Belajar Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal Of Banua Science Education, 1(2), 51-54.
Rahmansyah, R., & Irhasyuarna, Y. (2016). Implementasi Model Blended Learning Terhadap Keterampilan Generik Pemodelan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 74-82.
Irhasyuarna, Y. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Kooperatif Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Algoritmik Mahasiswa Pada Pokok Bahasan. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 4(1).
Syahmani, Y. Irhasyuarna., M. Kusasi.(2013). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Dan Asesmen Pembelajaran Yang Melatihkan Kemampuan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Kimia Sma Kelas Xi Semester I. Jurnal Vidya Karya, 27(3).
Fedinafaliza, F., Mahdian, M., & Irhasyuarna, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Dan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Fpoeil. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 4(2), 58-66.
Sogandi, S., Rilia, I., & Yudha, I. (2019). Penggunaan Lks Dalam Strategi Pembelajaran Ttw (Think Talk Write) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks. Penggunaan Lks Dalam Strategi Pembelajaran Ttw, 10(2), 93-103.
Paramita, D., Irhasyuarna, Y., & Sholahuddin, A. (2017). Penerapan Strategi Blended Learning Dan Strategi Ekspositori Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 1(2), 178-186.
Akbar, M., Irhasyuarna, Y., & Rusmansyah, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Koloid. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1).
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27.
Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 10 Pada Materi Reproduksi Tumbuhan Untuk Mengukur Hasil Belajar. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 6-16.
Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81-89.
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63.
Samudera, T. A., Irhasyuarna, Y., & Mahdian, M. (2022). Penggunaan Model Guided Discovery Learning (Gdl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 5(3), 123-132.
Hafizah, E., Nurhaliza, S., & Irhasyuarna, Y. (2022). Pengukuran Persepsi Peserta Didik Terhadap Penggunaan Aplikasi Prezi Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 6(2), 156-163.
Melya, R., & Irhasyuarna, Y. (2022). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 45-53.
Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Pada Materi Kemagnetan. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 30-37.
Irhasyuarna, Y., & Hafizah, E. (2022). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Literasi Sains Pada Materi Objek Ipa Dan Pengamatannya. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 11-15.
Almiyanti, W. D., Leny, L., & Irhasyuarna, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 5(1), 9-16.
Nuranisa, N., Irhasyuarna, Y., & Iriani, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Chemsketch Dengan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrokarbon. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 4(1), 24-33.
Fahmi, F., & Irhasyuarna, Y. (2020). Pengantar Pendidikan: Manusia, Pendidikan, Dan Perkembangan Zaman.
Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2020). Modul Pembelajaran Kimia Lingkungan Lahan Basah.
Hayati, I., Sholahuddin, A., & Irhasyuarna, Y. (2020). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 3(3), 118-125.
Liani, M. A., Irhasyuarna, Y., & Hamid, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 4(2), 46-51.
Putri, M. H., & Suryajaya, Y. I. (2020). Development Of Science Learning Tools To Train Critical Thinking Skills Of Junior High School Students In Static Electricity Topics.
Ignatia, L., & Badruzsaufari, Y. I. (2020). Development Of A Science Learning Module On Environmental Pollution Topic For Strengthening Science Literacy Of Junior High School Students.
Kurnia, F., & Suryajaya, Y. I. (2020). Development Of Science Learning Tools On Vibration, Waves, And Sound Topics.
Syarifah, S., Sunarti, S., & Irhasyuarna, Y. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah 1 Banjarmasin Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2).
Sartika, S., Irhasyuarna, Y., & Leny, L. (2014). Pengembangan Assessment Berbasis Problem Solving Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasilkali Kelarutan (Ksp). Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2).
Irhasyuarna, Y. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Kooperatif Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Algoritmik, Serta Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Termodinamika Kimia (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang).
Iskandar, M. A. H., Annur, S., & Irhasyuarna, Y. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berwawasan Lahan Basah Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Viid Smpn 6 Banjarbaru.
Fitri, A., & Usmeldi, U. (2022). Efektivitas project-based learning dalam meningkatkan kompetensi siswa pada pelajaran instalasi penerangan listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 142-148.
Forgaty (2020). Effects of heat stress on the renal and branchial carbohydrate metabolism and antioxidant system of Antarctic fish. Journal Computer Physciology B, 187(8), 1137-1154.
Hairunisa, I. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Lampung.
Hero, H., & Nalu, N. D. (2022). Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDI ST. Yosef Maumere. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12928-12936.
Hertanti, E. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang cahaya (quasi experiment di SMAN 80 Jakarta). BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hiroh, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) biologi berbasis problem based learning pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas. Doctoral Disserttation. Universitas Islam Negri Sulthan Thaha Saifuddin. Tidak Dipublikasikan.
Indria, O. Model pembelajarn problem-based learning dalam pembelajaran fisika: studi nalisis. PhD Thesis. UIN Raden Intan Lampung.
Ita, E. & Dua Dhiu, K. (2022). Pengembangan busy book learning media dalam pembelajaran bahasa keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Smart Paud, 5(2), 149-155.
Joseph, A. (2020). Teaching children science: A discover approach: Edisi terjemah. Salemba Empat.
Kelly, A. (2020). Theme issue: The role of design in educational research. Educational, 32, 3–4.
Kemendiknas. (2019). Panduan pengembangan pembelajaran ipa secara terpadu. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Mariana, I. M. A., & Wandy, P. (2019). Hakikat IPA dan pendidikan IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA.
Masdi, S. F. (2019). Pengembangan LKPD biologi pada materi ekosistem sebagai media pembelajaran pada kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin.
Megawati, R. (2022). Pengembangan instrumen penilaian ranah afektif biologi SMA kelas XI IPA. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 1(2), 34-42.
Miranti, K., Syahmani, S., & Santoso, U. T. (2021). Kepraktisan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi materi zat aditif dan zat adiktif. Journal of Banua Science Education, 2(1), 9-14.
Mukarram, A. A., Hartini, S., & Wati, M. (2019). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) dan media pembelajaran IPA SMP berbasis keterampilan berpikir kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 253–264.
Mulda, A. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada pembelajaran biologi SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 3(7), 132–135.
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.
Nugraha, D. A., Binadja, A., & Supartono. (2019). Pengembangan bahan ajar reaksi redoks bervisi sets berorientasi kontruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1), 27–34.
Nurhusain, M. & Hadi, A. (2021). Desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus berkualitas baik (valid, praktis, dan efektif) untuk mahasiswa pendidikan matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105-119.
Nurseto, T. (2020). Membuat media pembelajaran yang menarik. Balai Pustaka.
Nuryani, Y. R. (2019). Strategi belajar mengajar biologi. UPI.
Nuryati, N & Darsinah, D. (2021). Implementasi teori perkembangan kognitif jean piaget dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153-162.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2019). An introduction to educational design research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University. Stichting Leerplan Ontwikkeling (SLO).
Pusat kurikulum. (2019). Panduan pengembangan pembelajaran IPA Terpadu. Balitbang Depdikas.
Putri, Suci Aisyah.(2021 ) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMK. Diss. Universitas Negeri Padang,
Putra, S. R. (2019). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. DIVA Press.
Qolbi, S. K. & Hamami, T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120-1132.
Raharjo, D. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah (pbl) di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 87-104.
Rahayu, S., SD, S. P., & Vidya, A. (2022). Desain pembelajaran aktif (active learning). Ananta Vidya.
Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi gaya dan penerapannya. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1(1), 1112–1119.
Ramadhani, R., Miriam, S., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan LKPD gerak harmonik sederhana berbasis hands on dan minds on activity untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kappa Journal, 4(2), 217–224.
Ramadhani, W. N., Putra, P. D. A. & Novenda, I. L. (2022). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis engineering design process (EDP) pada topik pemanasan global dalam pembelajaran IPA di SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1-13.
Rezki, S., Sakur, S., Suanto, E. (2022). Validitas perangkat pengajaran dengan model pengajaran berbasis masalah untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis kelas X SMA/MA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 137-146.
Richey, R., & Klein, J. D. (2019). Design and development research: Method, strategies, and issues. Routledge.
Rusdi, M. (2019). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan (konsep, prosedur dan sintesis pengetahuan baru). Rajawali Pres.
Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan islam di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127-137.
Siti, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Dalam Proses Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Sobah, S. F. N., & Wardhani, I. Y. (2022). Pengembangan modul taksonomi tumbuhan sebagai bahan ajar materi plantae pada pembelajaran biologi SMA/MA. Neuron: Journal of Biological Education, 2(1), 33-43.
Suda, B., & Laila, S. (2020). Biologi sains dalam kehidupan. Yudistira.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujadi. (2019). Metodologi penelitian pendidikan. Rineka Cipta.
Suryana (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspepektif pembangunan pendidikan. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 14(1), 1-12.
Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluations: merencanakan dan menyusun evaluasi formatif. Erlangga.
Thiagarajan, S., & Semmel, D. (2020). Intructional development for training teachers of exceptional children (edisi terjemahan). Erlangga.
Tika, I. N., & Maryam, S. (2021). Pembelajaran microteaching selama massa covid-19 berbasiskantugas proyekbagi mahasiswa pendidikan kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 85-93.
Trianto. (2019). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan impelementasi dalam kutikulum tingkat satuan pendidikan. Bumi Aksara.
Usboko, Reza, M. D., Parsa, I. M., & Baitanu, Z. Y. (2021). Penerapan pembelajaran stem dengan model pjbl di kelas XI Titl SMK N 2 Kupang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Spektro, 4(1), 8-14.
Uno, H. B., & Muhamad, N. (2020). Belajar dengan pendekatan PAIKEM: Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.
Violadini, R. & Mustika, D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis metode inkuiri pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1210-1222.
Wiliyanti, V., Suyanto, E., & Abdurrahman, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu berorientasi pendidikan karakter pada model pembelajaran exclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3), 10-15.
Wuryani, W. (2021). Pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. Semantik, 10(1), 101-110.
Yuliani, D., & Djumali, M. P. (2019). Efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2019/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.
Zaini, M. (2019). Urgensi penelitian pengembangan dalam menggali keterampilan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah.
Zaini, M. (2019). Penelitian desain pendidikan aplikasi teori ke dalam praktik. Penebar Media Pustaka.
Zulaikha, D. F. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis predict-observe-explain (POE) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Irhasyuarna, Y., Kusasi, M., & Fahmi, F. (2022). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis e-learning berwawasan kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Repository Universitas Lambung Mangkurat.