Pelatihan penerapan manajemen kemitraan sekolah dengan masyarakat SDN di lahan basah Kecamatan Banjarmasin Utara

Suhaimi Suhaimi(1), Amberansyah Amberansyah(2),

(1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 70123
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 70123


Abstract


Tujuan pelatihan pada program pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman dan melatih guru SDN melalui Pelatihan Penerapan Manajemen Kemitraan Sekolah dengan Masyarakat SDN di Lahan Basah Kecamatan Banjarmasin Utara. Pelatihan bermakna penting karena pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua, masyarakat dan pemerintah. Berdasarkan hal itu, pendidikan tidak boleh hanya dibebankan kepada salah satu dari ketiga unsur tersebut. Masyarakat diharapkan peransertanya dalam melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan, terutama dalam mendidik moral, norma, dan etika yang sesuai dengan agama dan kesepakatan masyarakat. Peserta didik belajar di sekolah dalam waktu terbatas, sedangkan waktu terbanyak ada di rumah dan masyarakat. Proses kegiatan kemitraan masyarakat dapat ditempuh melalui lima tahap, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengecekan tanggapan masyarakat; (4) penilaian dan pengontrolan hasil; (5) pemberian saran kepada pimpinan. Perencanaan dan pelaksanaan program, kegiatan kemitraan masyarakat harus dilakukan secara langsung oleh sekolah yang bersangkutan berserta masyarakat. Dalam pelaksanaannya diperlukan pemberdayaan, khususnya pemberdayaan warga sekolah dan warga masyarakat. Warga sekolah dan warga masyarakat yang berdaya adalah mereka yang mau dan mampu untuk terlibat langsung dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Masyarakat yang berdaya akan dapat diperankan baik sebagai mitra, sebagai pendukung maupun sebagai pelanggan pendidikan yang cerdas. Akhirnya keuntungan yang dapat dipetik oleh sekolah apabila masyarakatnya sudah berdaya yaitu prestasi siswa.

Abstract. The aim of the training in the community service program is to provide understanding and train elementary school teachers through training in implementing school partnership management with the elementary school community in the wetlands of North Banjarmasin District. Training is important because education is a shared responsibility between parents, society and the government. Based on this, education should not only be assigned to one of these three elements. The community is expected to participate in implementing and administering education, especially in educating morals, norms and ethics that are in accordance with religion and community agreements. Students study at school for a limited time, while most of the time is at home and in the community. The process of community partnership activities can be taken through five stages, namely: (1) planning; (2) implementation; (3) checking public responses; (4) assessment and control of results; (5) providing advice to leadership. Planning and implementation of programs and community partnership activities must be carried out directly by the school concerned and the community. In its implementation, empowerment is needed, especially empowerment of school residents and community members. Empowered school residents and community members are those who are willing and able to be directly involved in the implementation of education at school. An empowered community will be able to act both as a partner, as a supporter and as an intelligent customer of education. Finally, the benefit that schools can reap if their community is empowered is student achievement. Keyword: Training; Management; Partnership; School; Public

Keywords


Pelatihan; Manajemen; Kemitraan; Sekolah; Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Cahyani, R. R. (2020). Program Kemitraan Sekolah Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 di SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Mashar, A. (2019). Manajemen Strategik Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 39-54.

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara.

Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2015). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Purnaningtias, F., Aika, N., Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis peran pendidikan moral untuk mengurangi aksi bully di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42-49.

Sirait, S. C. (2017). Tanggung Jawab Pemerintah Untuk Memberikan Pendidikan Kepada Anak Terlantar Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 158-182.

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2020). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266-280.

Syahbandar, M. & Yogie. (2021). Kemitraan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2009. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika Tamrin. (2015). Hubungan Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahan). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yuniarti, S. L., Prasetyo, N. E., Zakaria, M. R., Hayati, L., Nurmiyati, N., & Untung, U. (2016). Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dasar dengan Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zainuddin, M., Sutansi, S., Fatih, M., & Perdana, K. R. (2019). Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pembelajaran Berbasis Karakter Aplikasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 1(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.20527/seru.v1i2.244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suhaimi Suhaimi, Amberansyah Amberansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SERU Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

Publisher:

Master Program of Natural Science Education, Postgraduate Program, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin City, South Kalimantan Indonesia, 70123


License:

Lisensi Creative Commons  SERU Journal copyright is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional