Analisis validitas isi instrumen penilaian untuk mengukur literasi sains berdasarkan tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka

Maula Ariefianti(1), Arif Sholahuddin(2), Mustika Wati(3),

(1) Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 70123
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 70123
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 70123


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan menganalisis validitas isi instrumen penilaian untuk mengukur literasi sains peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran kurikulum merdeka pada jenjang SMP yang valid dan reliabel. Instrumen yang dikembangkan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dalam materi energi kalor. Instrumen terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda (PG) dengan indikator literasi sains. Metode penelitian ini menggunakan analisis dekskriptif dari perhitungan validitas isi intrumen penilaian menggunakan rumus V-Aiken dengan metode. Data validitas isi diperoleh dari 5 validator yang terdiri dari 3 dosen ahli yang bergelar doktor di bidang fisika dan instrumen serta 2 orang guru yang terdiri dari guru fisika SMA dan guru IPA di Kabupaten Tapin.

Abstract. This research is development research aimed at analyzing the content validity of assessment instruments to measure students' scientific literacy based on valid and reliable Merdeka curriculum learning objectives at the junior high school level. Instruments developed in natural science (IPA) subjects in heat energy. The instrument consists of 30 multiple choice questions (PG) with scientific literacy indicators. This research method uses descriptive analysis from calculating the content validity of assessment instruments using the V-Aiken formula with the method. Content validity data was obtained from 5 validators consisting of 3 expert lecturers with doctoral degrees in physics and instruments and 2 teachers consisting of high school physics teachers and science teachers in Tapin Regency. Keyword: Assessment instruments; Content validity; Scientific literacy; Merdeka Curriculum


Keywords


Instrumen penilaian; Validitas isi; Literasi sains; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142.

Bagasta, A. R., Rahmawati, D., Wahyuni, I. P.. &Prayitno, B. A. (2018). Profil kemampuan literasi sains peserta didik di salah satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121-129.

Borg Walter R., and Gall M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Borich, G, D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. Merrill: Universitas Michigan

Daryanto, K. S., & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad ke-21. Yogyakarta: Gava Media.

Fernandes, H. J. X. (1984). Evaluation of educational program. Jakarta: National Education Planning, Evaluating and Curriculum Development.

Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a measure of scientific literacy for middle school students. Science Education, 98(4), 549-580.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad ke-21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1), 26-50

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta Timur: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud Ristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kerlinger, F.N. (1986). Asas-asas penelitian behavioral (Terjemahan L.R. Simatupang). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lawrence, M.R. (1994). Question to ask when evaluating test. Eric Digest. Artikel. Diambil dari: http://www.ericfacility.net/ericdigest/ed.385607.html.

Maulita, S.R., Sukarmin, & Marzuki, A. (2019). The content validity: two-tier multiple choices instrument to measure higher-order thinking skill. Journal of Physics: Conf. Series 1155. 012042.

Muliyati, D., & Serevina, V. (2016). Rancangan tes dan evaluasi fisika yang informatif dan komunikatif pada materi kinematika gerak lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 81-88

Mukminan. (2014). Stategi Menyiasati Pendidikan Abad ke-21. Yogjakarta: UNY.

Nunally, J. (1978). Psychometric theory (2nd ed.). New York: McGraw Hill.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad ke-21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Puskurbuk. (2017). Literasi sains. Jakarta: Kemendikbud.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 31-146.

Ratnasari, D., Sukarmin, & Suparmi. (2017). Analisis validitas isi instrumen penilaian two-tier multiple choice (TTMC) untuk mengukur keterampilan proses sains. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW, (pp. 246-252).

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrument penelitian (panduan peneliti, mahasiswa dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing

Shidiq, A. S. (2016). Pengembangan instrumen penilaian testlet untuk mengukur keterampilan proses sains pada materi hidrolisis garam untuk siswa kelas XI SMA/MA. (Master’s thesis, UNS (Sebelas Maret University).

Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di kota sungai penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Wefusa. (2015). New visioan for educatio. Unlocking the Potential of Tecnology. Word Economic Forum.




DOI: https://doi.org/10.20527/seru.v1i2.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maula Ariefianti, Arif Sholahuddin, Mustika Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SERU Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

Publisher:

Master Program of Natural Science Education, Postgraduate Program, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin City, South Kalimantan Indonesia, 70123


License:

Lisensi Creative Commons  SERU Journal copyright is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional