ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muspratiwi Pertiwi MR Universitas Negeri Makassar
  • Patta Bundu Universitas Negeri Makassar
  • M. Yahya Universitas Negeri Makassar
  • Syamsul Bachri Thalib Universitas Negeri Makassar
  • Najamuddin Najamuddin Universitas Negeri Makassar

Keywords:

keterampilan proses sains, pembelajaran IPA, sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat penguasaan keterampilan proses sains siswa kelas Tinggi di sekolah dasar . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan soal pilihan ganda dan observasi.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana persepsi peserta didik dan guru pada pembelajaran sains khususnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei, tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022 hingga Mei 2023 di UPT SDN 214 Pinrang, UPT SDN 101 Pinrang dan UPT SDN 99 Pinrang. Subjek penelitian adalah 90 peserta didik di kelas tinggi dan 18 guru kelas. Hasil persentase keterampilan proses sains siswa pada indikator mengamati dengan persentase 49,26% pada kategori cukup, mengelompokkan 24,44% pada kategori kurang, mengukur 59,44% pada kategori cukup, mengkomunikasikan 60% pada kategori cukup, menyimpulkan 26,11% pada kategori kurang, dan memprediksi 37,04% pada kategori kurang. Hasil rerata skor keterampilan proses sains siswa yakni 41,56 berada pada kategori rendah dan berada dibawah Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yaitu 75. Data ini kemudian menjadi komponen awal dan mendasar bagi peneliti untuk mengidentifikasi aspek keterbutuhan peserta didik terhadap perbaikan proses pembelajaran IPA khususnya dalam meningkatkan keterampilan proses sains.

References

Anggraeni, A. H. R. & P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Bundu, P. (2006). Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains SD. Jakarta: Depdiknas.

Gizaw Gidele & Sota Solomon Sorsa. 2023. Improving Science Process Skills of Students: A Review of Literature. Science Education International. Vol.3 No.3. (https://icaseonline.net/journal/index.php/sei/article/view/526)

Gürses, A., Çetinkaya, S., Doğar, Ç., & Şahin, E. (2015). Determination of levels of use of basic process skills of high school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 644-650.

Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science process skills in the Kenya certificate of secondary education biology practical examinations.

Prasasti, P. A. T. (2017). Efektivitas scientific approach with guided experiment pada pem-belajaran IPA untuk memberdayakan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 19–26.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 ten-tang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003). Indonesia.

Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Inculcation of science process skills in a science classroom. Asian Social Science, 9(8), 47. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47.

Rifqiawati, I., Wahyuni, I., & Rahman, A. (2017). Pengaruh metode field trip dengan pemanfaatan rumpon buatan terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah di SMP Satu Atap Pulau Tunda. Biodidaktika Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 12(1), 23–30. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v12i 1.1832

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawa-ti, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM Press.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252–261. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Sukamti, D. S. (2016). Peningkatan kreativitas belajar ipa melalui strategi thinkpair share (TPS) pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/42310/

Gizaw Gidele & Sota Solomon Sorsa. (2023). Improving Science Process Skills of Students: A Review of Literature. Science Education International. Vol.3 No.3. (https://icaseonline.net/journal/index.php/sei/article/view/526)

Downloads

Published

2024-07-18