PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERKONTEKS LAHAN BASAH PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Suziana Az Zahra(1), Yudha Irhasyuarna(2), Ratna Yulinda(3),

(1) Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
(2) Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
(3) Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan


Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan komik digital berkonteks lahan basah pada materi bioteknologi untuk melatihkan literasi sains peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validasi, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE dengan lima tahapan, yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini memperoleh hasil validitas materi 99,04% dengan kategori sangat valid, validitas media 84,26% dengan kategori sangat valid, nilai kepraktisan yang didapatkan sebesar 95,5% dengan kategori sangat praktis, dan nilai keefektifan yang didapat sebesar 0,735 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan memiliki keefektifan yang tinggi. Oleh karena itu, produk dari penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi bioteknologi.

Kata kunci: Keefektifan, Kepraktisan, Pengembangan, Validitas.

 

This research is a development of digital comics in the context of wetlands on biotechnology materials to train students' science literacy. The purpose of this study is to describe the validation, practicality and effectiveness of the learning media developed. The development method used in this study is the ADDIE model with five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. This study obtained the results of 99.04% material validity with a very valid category, 84.26% media validity with a very valid category, a practicality value obtained of 95.5% with a very practical category, and an effectiveness value obtained of 0.735 with a high category. Based on the results of the study, it can be concluded that the learning media developed are very valid, very practical and have high effectiveness. Therefore, the products of this research can be used in science learning on biotechnology materials.

Keywords: Effectiveness, Practicality, Development, Validity.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Andersen, S., Leon, G., Patel, D., Lee, C., & Simanton, E. (2022). The Impact of covid-19 on academic performance and personal experience among first year medical students. Medical Science Educator, 32(2), 389–397.

Budiman, R. D. (2016). Developing learning media based on augmented reality (AR) to improve learning motivation. Journal of Education, Teaching and Learning, 1(2), 89-94.

Budiyanto, M., Sudibyo, E., & Qosyim, A. (2018). Pembelajaran fisika dasar menggunakan e-learning untuk meningkatkan literasi sains mahapeserta didik. Jurnal penelitian pendidikan IPA, 3(2), 82-86.

Deswita, & Hufri. (2018). Validasi bahan ajar fisika berbasis inkuiri pada materi hukum newton tentang gerak dan gravitasi untuk meningkatkan literasi sains. Pillar of physics education, 11(3), 153-160.

Gea, M. (2022). Peran G20 dalam mendukung pemulihan terhadap sektor pendidikan pasca pandemi covid-19. e-Procceding Universitas Nias, 1-3.

Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six-thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of physics, 66(1), 64-74.

Kurniawan, R. (2021). Analisis standarisasi sarana, prasarana dan tenaga laboratorium IPA MTs Negeri 8 Jember. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6 (1), 29-42 E-ISSN: 2527-7200.

Mahendrani, K., & Sudarmin. (2015). Pengembangan booklet etnosains fotografi tema ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4 (2), 866-872.

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi exe-learning untuk melatih literasi sains. Jurnal ilmiah pendidikan fisika, 4(2), 89-98.

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(1), 24-35.

Putra, R. E., & Marsigit. (2017). The development of teaching learning materials mathematics with scientific approach based on problem based learning to learn circle for junior high school students grade VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 43-53.

Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019 ). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan adobe captivate pada materi gerak harmonik sederhana. Jurnal Kumparan Fisika , 2(2), 113-120.

Refmianti, W., Syamsurizal, Arsih, F., & Rahmatika, H. (2023). Validasi Pengembangan modul ajar pola-pola hereditas berbasis problem based learning. Journal On Teacher EducatioN, 4(4), 19-28.

Samatowa, U. (2019). Metode pembelajaran sains untuk pendidikan anak usia dini. Jakarta.

Saputra, V. H. (2021). Komik berbasis scientific sebagai media pembelajaran di masa pandemik covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5 (1), 85-96.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian & pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, Jampel, & Pudjawan. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahab, M. N., Istyadji, M., & Putri, R. F. (2021). Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 278-291.

Waruru, E., Ndraha, A. B., & Lase, D. (2022). Peluang dan tantangan G20 dalam transformasi manajemen pendidikan di era revolusi industri 4.0 dan civil society 5.0 pasca pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Maksitek, 7(3), 26-32.

Widoyoko, E. P. (2020). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widyastuti, P. D., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. (2017). An instructional media using comics on the systems of linear equation. Journal of Physics: Conference Series, 895 (1). doi :10.1088/1742 6596/895/1/012039.

Yuliana, Siswandari, & Sudiyanto. (2017). Pengembangan media komik digital akuntansi pada materi menyusun laporan rekonsiliasi bank untuk siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 136-146.

Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021: Era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. Prosiding seminar nasional matematika, 3, 706-713.




DOI: https://doi.org/10.20527/jbse.v4i1.252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JBSE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

Master Program of Natural Science Education
Postgraduate Program
Universitas Lambung Mangkurat

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Ruang. 217, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Supported by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License