PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL, CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Authors

  • Devi Dini Paramitha Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmat Yunus Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdullah Abdullah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.20527/jbse.v3i2.166

Keywords:

Pengembangan perangkat pembelajaran, CPS, Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran dan media yang mendukung proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta dapat mengembangkan metode pemecahan masalah secara kreatif (creative problem solving). Perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, materi ajar, LKPD, dan LP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tessmer yang meliputi evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek uji coba penelitian adalah 27 peserta didik kelas VIIA dan 25 peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 2 Sampanahan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini telah memenuhi nilai validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat Pembelajaran CPS layak untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik karena perangkat pembelajaran yang di kembangkan sudah valid, praktif, serta efektif.

References

A.N Oktaviani & S.E. Nugroho. 2015. penerapan model creative problem solving pada pembelajaran kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi. 4 (1) 27

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustina, Lisa dan Ghullam Hamdu. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1) 92-93

Ciptaningtyas, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Bilangan di SMP Kelas VII. Jurnal ilmiah pendidikan matematika. 5(1), hlm 1-5.

Fitri dan Titin. 2017. Pengembangan Tes Literasi Sains Pada Materi Kalor Di SMA Negeri 5 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 6 (3). 250-252

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27-36.

Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Miller. C. 2012. Educating for Environmental Literacy in America Public Schools.

Muliawan, F, Muktar & Mulyono. 2016. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Mneingkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 19 (2). 19-20

Ni Wayan Yuniartini, I wayan sadia & Ni Made Pujani. 2018.Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Setting Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP pada Pokok Bahasan Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 8 (1) 75-78

Prastiwi, M. (2018). Kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII SMP. Ejurnal-pensa. 6(2), hlm 98-103.

Singh, P & K. Kumar. 2016. Effectiveness of Cooperative Learning on Critical Thinking Skills of Secondary School Student. International Journal of Informative and Futuristic Research. ISSN: 2347-1697

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Tessmer. 1998. Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving The Quality of Educationand Training. London: Kogan.

Triyono, Senam, Jumadi & Insih Wilujeng. (2017). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving terhadap kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 1(2), hlm 214-226.

Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding seminar nasional pendidikan dasar. 2 124-129.

Zikri, I.M & Supriyanto 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada materi Ekosistem Pernapasan di SMA 1 Jatibarang Brebes. Journal of Biology Education. 3 (3). 8-14.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Paramitha, D. D., Yunus, R., & Abdullah, A. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL, CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. Journal of Banua Science Education, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.20527/jbse.v3i2.166

Issue

Section

Articles