KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK JENJANG SMP

Authors

  • Chairunnisa Chairunnisa Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zaini Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmat Yunus Universitas Lambung Mangkurat
  • Andy Azhari Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.20527/jbse.v3i2.168

Keywords:

kelayakan, perangkat pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, validitas, kepraktisan

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengevaluasi validitas perangkat pembelajaran materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik jenjang SMP. Materi sistem pencernaan ini dipelajari di kelas VIII. Model penelitian pengembangan ini menggunakan Model Tessmer. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan (Juli-Desember 2021) di SMP Negeri 1 Martapura Kabupaten Banjar. Subjek penelitian untuk melakukan validitas adalah tiga orang ahli yang terdiri dari dosen pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran berdasarkan hasil validasi tim ahli memiliki skor rata-rata 90,3% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan kepraktisan pembelajaran yang dinilai berdasarkan keterlaksanaan RPP memperoleh kreteria Sangat Baik di setiap pertemuan dan Respon peserta didik dengan kriteria Baik. Jadi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran di sekolah.

References

Akker JVD. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007.

Budsankom, P., Sawangboon, T., Damrongpanit, S., Chuensirimongkol, A. (2015). Factors Affecting Higher Order Thinking Skills of Students: A meta-Analytic Structural Equation Modeling Study. Acedemic Journal, Vol. 10(19), pp. 2639-2652, 10 October, 2015, ISSN 1990-3839.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas, Jakarta.

Dewi NL, Dantes N, Sadia IW. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-10.

Facione, Peter A. (2012). Critical Thinking: What is it and Why It Counts. Insight Assessment Measuring Critical Thinking Worldwide. Measured Re asons and The California Academic Press, Millbrae, CA.

Fadilah SI, Kardi S, Supardi ZI. 2017. Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri materi sistem ekskresi manusia untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa SMA. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5 (1), 779-787.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah diterima Murid. Yogjakarta: Diva Press.

Kong, S. C., So, W., & Mui, W. 2008. A Study Of Building A Resource-Based Learning Environment With The Inquiry Learning Approach: Knowledge Of Family Tress. Computers & Education 50 (2008) 37-60.

Majid, A., & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Rosda.

McBride, J.W., Bhatti, M.I., Hannan, M.A & Feinberg, M. 2012. Using An Inquiry Approach To Teach Science To Secondary School Teacher. Procedia-Social And Bahavioral Sciences 46 (2012) 2327-2333.

McFarlane, D. A. (2013). Understanding the Challenges of Science Education in the 21 st Century: New Opportunities for Scientific Literacy. International Letters of Social and Humanistic Sciences (International Letters of Social and Humanistic Sciences), 04 (2013): 3544.

Meidawati, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 2356-3915.

Nasir, Muhammad, Fakhrunnisa, Rini, Nastiti Luvia Ranggi. The Implementation of Project-based Learning and Guided Inquiry to Improve Science Process Skills and Students Cognitive Learning Outcomes. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION e-ISSN: 1306-3065 2019. Vol. 14, No. 5, 229-238.

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Prihartiningsih., Zubaidah, S., & Kusairi. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, (1)1053—1062.

Rizal, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Berpikir kritis dan Penguasaan Konsep IPA Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains. 2(3). 159-165.

Rosyadi. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model problem based learning (PBL) berbantuan media interaktif untuk meningkatkan berpikir kreatif XII IPA. Wacana Didaktika, 7-15.

Schaal, S., Matt, M., Grubmeyer & Sonja. 2012. Pembelajaran Mobile dan Keanekaragaman Hayati-Mobile Learning and Biodiversitty – Bridging the Gap Between Outdoor and Inquiry Learning In PreServise Science Teacher Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences 46 (2012) 2327-2333.

Saputra ZAH, Yuanita L, Ibrahim M. 2017. Pengembangan perangkat pembelajaran kimia model inkuiri untuk meningkatkan penguasaan konsep dan melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMA. JPPS: Jurnal Peneilitian Pendidikan Sains, 6(1), 1218-1223.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Tessmer, Martin. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.

Zaini, M. (2016). Urgensi Penelitian Pengembangan Dalam Menggali Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ipa Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajarn IPA. S2 Ipa Unlam Banjarmasin Press.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Chairunnisa, C., Zaini, M., Yunus, R., & Azhari, A. (2023). KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK JENJANG SMP. Journal of Banua Science Education, 3(2), 116–126. https://doi.org/10.20527/jbse.v3i2.168

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)