STUDI EKSPLORASI LITERASI ASPEK PENGETAHUAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH SISWA SD ADIWIYATA DI BANJARMASIN

Authors

  • Jamilah Jamilah Universitas Terbuka
  • Ikhwan Khairu Sadiqin Universitas Terbuka
  • Fahmi Fahmi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.20527/jbse.v3i2.193

Keywords:

literasi lingkungan, lahan basah, adiwiyata, PLH

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan literasi aspek pengetahuan lingkungan lahan basah siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis deskripsi, mengeksplorasi level pemahaman lahan basah siswa dan karakterstik materi dari sudut pandang siswa. Instrumen berupa soal dan angket opini pengetahuan lingkungan, dikembangakan dari rumusan NAEE dan PISA. Pembahasan disajikan secara deskriptif kualitatif berdasarkan dari data kuantitatif berupa test dan wawancara. Subjek adalah siswa di SD adiwiyata kota Banjarmasin dan sekitarnya berjumlah 60 orang. Teknik pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan mempertimbangkan karakteristik tempat tinggal guru dan siswa, kurikulum adiwiyata dan tujuan penelitian. Hasil penelitian ditemukan siswa SD cenderung memiliki kemampuan literasi lingkungan lahan basah siswa pada kategori baik. Skor reratanya mencapai 75,35. Pemicunya siswa didaerah banjarmasin kehidupan sangat bersentuhan dengan alam, baik flora dan fauna sehingga siswa dapat mengetahui dan merasakan langsung. Indikator literasi yang paling dikuasi siswa adalah tentang flora dan fauna, masuk pada kategori sangat baik dengan skor 85,43. Poin ini dikuasai dengan baik karena didukung oleh pengajaran  program PLH dan adiwiyata. Indikator lain yang masih kurang disebabkan belum optimalnya studi lapangan atau observasi langsung ke lahan basah.

Author Biography

Ikhwan Khairu Sadiqin, Universitas Terbuka

FKIP

References

Anggraini N et al. (2021). Analysis of environmental literacy skill of biology teacher candidates in human and environmental courses. Science Education Journal (SEJ). 5(1)110-116.

Kusumastuti, Widayati (2009). Evaluasi lahan basah bervegetasi mangrove dalam mengurangi pencemaran lingkungan (studi kasus di desa kepetingan kabupaten sidoarjo). Masters thesis, program pasca sarjana universitas diponegoro.

NAEE. (2011). Environmental Literacy Framework. Retrieved from https://naaee.org/our-work/programs/environmental-literacy-framework

Nurfitriani, M,M., Karyanto, P., & Prayitno, B, A. (2017). Student intention towards environmentally friendly behavior in Surakarta, Indonesia. Optimizing Educational Research Findings to Improve The Quality of Life. Yogyakarta.

Oktarina, e., wardhani, k & marwanti, e. 2020. Implementasi environmental literacy di SD negeri bakalan bantul. Jurnal taman cendekia. 4(2) 45-56.

PISA. (2016). PISA 2015 Results in Focus. OECD.

Pratama, Andi Yudha., Marpaung, Rini Rita T.,& Yolida, Berty . 2020. Pengaruh literasi lingkungan terhadap environmental responsibility siswa kelas XI SMA Negeri 2 bandar lampung. Jurnal Bioterdidik, 8(1) 56-65.

Rabgay, T. (2018). The effect of using cooperative learning methods on tenth-grade students’ learning achievement and attitude towards biology. International Journal of Instruction, 11(2),265-280.

Santoso, R., Roshayanti, F., Siswanto, J. 2021. ANALISIS LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 10(2) 33-42.

Salim, E. (2009). Pembangunan berwawasan lingkungan. Mediatama Sarana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sya’ban, M. F., Sholahuddin, A., An’nur, S., Riefani, M. K. (2017). Potential wetland screening in barito kuala and banjarmasin as source of science learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 100, 295-297.

Wibowo, P., Nirarita, C. E., Susanti, S., Padmawinata, D., Kusmarini, Syarif, M., Hendriani, Y. Kusniangsih, Sinulingga L., (1996). Ekosistem Lahan Basah Indonesia. Bogor: Wetland International Indonesia Programme.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Jamilah, J., Sadiqin, I. K., & Fahmi, F. (2023). STUDI EKSPLORASI LITERASI ASPEK PENGETAHUAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH SISWA SD ADIWIYATA DI BANJARMASIN. Journal of Banua Science Education, 3(2), 135–141. https://doi.org/10.20527/jbse.v3i2.193

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)