HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA PENGGUNAAN CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND LKPD KONSEP VERTEBRATA SISWA KELAS X SMA

Authors

  • Safitri Safitri Universitas Lambung Mangkurat
  • Aminuddin Prahatama Putra Universitas Lambung Mangkurat
  • Aulia Ajizah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.20527/jbse.v2i2.79

Abstract

Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) is a software that’s used to create web-based online course materials and manage learning activities and their results as is the case with the Learning Management System. This study aims to; (1) describe the effect of using CLDW LKPD on the vertebrate concept on students' cognitive learning outcomes, and (2) describe the effect of using CLDW LKPD on the verte-brate sub-concept on students' generic science skills. This study uses a quasi-experimental approach with Pretest Posttest Control Group Design for cognitive learning outcomes and Posttest-only Control Group Design for science generic skills. The research sample was students of class X MIPA 1 as the ex-perimental class and X MIPA 2 as the control class. Testing the use of CLDW LKPD on learning out-comes using the analysis of covariance test from the results of the Pretest Posttest, and generic science skills using the independent sample T-test test from the student worksheets. The results showed; (1) there was an effect of using CLDW LKPD on students' cognitive learning outcomes (sig. 0.010), and (2) there was an effect of using CLDW LKPD on students' generic science skills (sig. 0.004). It is hoped that from the results of the research, the use of CLDW LKPD can be used as an alternative, especially in online learning.Keywords: CLDW LKPD, cognitive learning outcomes, science generic skills, vertebrates. ABSTRAKCulture Literacy Digital Wetland (CLDW) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat materi pelajaran online berbasis web dan mengelola kegiatan pembelajaran serta hasil-hasilnya seperti halnya pada Learning Management System. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan CLDW LKPD pada sub konsep vertebrata terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dan (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan CLDW LKPD pada konsep vertebrata terhadap keterampilan generik sains siswa peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain pretest posttest control group design untuk hasil belajar kognitif dan posttest-only con-trol group design untuk keterampilan generik sains. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian penggunaan CLDW LKPD terhadap hasil belajar menggunakan uji analysis of covariance dari hasil pretest-posttest, dan keterampilan generik sains menggunakan uji independent sample T-test dari lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat pengaruh penggunaan CLDW LKPD terhadap hasil belajar kognitif produk peserta didik (sig. 0,010) dan (2) terdapat pengaruh penggunaan CLDW LKPD terhadap keterampilan generik sains peserta didik (sig. 0,004). Diharapkan dari hasil penelitian, penggunaan CLDW LKPD dapat dijadikan sebagai alternatif terutama dalam pembelajaran daring.Kata kunci: CLDW LKPD, hasil belajar kognitif, keterampilan generik sains, vertebrata.

References

Anggraeni, D. M., Susilawati, S., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh media pembelajaran berbasis moodle terhadap peningkatan kemampuan generik sains siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1).

Apertha, F. K. P., Zulkardi, M. Y., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis open-ended problem pada konsep segiempat kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47- 62.

Brotosiswoyo, B. S. (2000). Hakikat pembelajaran fisika di perguruan tinggi. Proyek Pengembangan Universitas Terbuka. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Depdiknas.

Dunggio, Y., Hasan, A., & Yusuf, F. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dalam mereduksi kesalahan peserta didik menyelesaikan soal pembelahan sel. Jurnal Pro-Life, 6(1), 76–88.

Fadlan, A. (2016). Strategi pengembangan sciens generic skills (SGS) calon guru fisika melalui model pembelajaran group investigation pada mata kuliah praktikum. phenomenon: jurnal pendidikan mipa, 1(1), 31–44.

Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 426-429. Doi: 10.2991/assehr.k.210222.072.

Fahmi, F., Fajeriadi, H., Irhasyuarna, Y., Suryajaya, S., & Abdullah, A. (2021). The practicality of natural science learning devices on the concept of environmental pollution with problem-solving learning models. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2104, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.

Fahmi, F. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi klasifikasi benda. Tesis. S2 Keguruan IPA PPs ULM.

Kristiyani, E & Budiningsih, I. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran e-learning dan minat belajar dan hasil belajar akuntansi. Akademika, 8(1), 81–100.

Kusasi, M., Fahmi, F., Sanjaya, R. E., Riduan, M., & Anjani, N. (2021). Feasibility of STEM-based basic chemistry teaching materials to improve students’ science literature in wetland context. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2104, No. 1, p. 012022). IOP Publishing.

Na’imah, N., Supartono., & Wardani, S. (2015). Penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1566–1574.

Pratama, H. (2011). Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi pedosfer kelas X sekolah menengah atas. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Putra, A. P & Amalia, D. (2018). Implementation of worksheet moral dilemma through problem solving wetland. Proceedings of the 2nd indoeduc4all - Indonesian education for all (indoeduc 2018), 59-62.

Putra, A. P & Ekasari, O. (2018). The validaty of ther student worksheet about the moral dillema of environmental change through solving wetland problems. Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018). 24-27.

Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi pokok listrik statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.

Rhamandica, C., Wonorahardjo, S., & Arief, M. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan kimia pada materi kimia inti dengan kemampuan self regulated learning berbeda. Jurnal Pendidikan, 10(1): 1891-1896

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R & D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi belajar & pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarifudin, A. S. (2000). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Trochim, W. M. K. (2006). Social Research Methods: Non-Probability Sampling. Diakses melalui http://www.socialresearchmethods.net/kb/sampnon.php pada tanggal 10 Juni 2021.

Ulia, F., Sudarmin., & Sunarto, W. (2017). Pengembangan petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa. Chemistry in Education, 6(2).

Downloads

Published

2022-05-24

How to Cite

Safitri, S., Putra, A. P., & Ajizah, A. (2022). HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA PENGGUNAAN CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND LKPD KONSEP VERTEBRATA SISWA KELAS X SMA. Journal of Banua Science Education, 2(2), 73–84. https://doi.org/10.20527/jbse.v2i2.79

Issue

Section

Articles